Pages - Menu

Thursday, November 23, 2017

Asian Games 2018 dan Kemajuan Indonesia

Kamis, 23 November 2017. 
Pagi-pagi sekali saya, ayuk dan ayah berangkat dari rumah ke Kota Palembang untuk mengikuti kegiatan Flash Blogging yang diselenggarakan di Hotel Novotel atas kerjasama Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan dengan Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik. 

Saya sangat bersemangat untuk mengikuti acara tersebut karena terkait dengan Asian Games 2018. Sebagai salah satu tuan rumah Asian Games 2018, sudah sepatutnya sebagai masyarakat Kota Palembang untuk berbangga dan mendukung Asian Games 2018. 

Acara tersebut dibuka oleh Ibu Rosarita Niken Widiastuti selaku Dirjen Informasi dan Komunikasi (IKP) memberikan pesan bahwa masyarakat harus dapat menganalisis fakta-fakta yang terjadi di media sosial dan dapat memilih serta memilah informasi agar dapat mengenali, menganalisis dan menyikapi konten-konten media sehingga tidak terpengaruh dengan berita hoax

Ibu Rosarita Niken Widastuti

Asian Games 2018 

Tuan rumah Asian Games Tahun 2018 adalah DKI Jakarta dan Palembang. Untuk pertama kalinya Palembang menjadi tuan rumah acara bergengsi ini. Pemaparan tentang Asian Games 2018 disampaikan oleh Bapak Bambang Suprianto dari INASGOC.  Ada 40 cabang olahraga yang 12 diantaranya diselenggarakan di Palembang. 

Suksesnya Asian Games di Provinsi Sumatera Selatan didukung oleh sarana dan prasarana yang sangat memadai mulai dari transportasi dan fasilitas kebutuhan atlet selama Asian Games 2018 dilaksanakan. Athlete Village Jakabaring 2018 terdiri dari Athlete Village Existing, Rusunawa, dan Rusunami Centra Land Jakabaring Sport City, dengan total perhitungan kamar 3.030 PAX. Masing-masing kamar diisi oleh 3 orang dengan fasilitas kamar seperti hotel bintang 3. 

Bapak Bambang Supriyanto 

Yang menarik di International Zone Athlete Village, terdapat area Art and Culture Plaza yang akan menampilkan berbagai macam kegiatan seni. Seperti seni tari, seni musik, pameran lukisan, hasil kerajinan, dan lain-lain yang secara bergantian diikuti oleh masing-masing negara. Hal tersebut akan menjadi hiburan sekaligus apresiasi seni untuk setiap kegiatan kesenian yang ditampilkan oleh masing-masing negara.


Sumber : Athlete Village Department

Tim Komunikasi Presiden (TKP)

Cerita Sudut Istana yang dipaparkan oleh Bapak Andoko tentang kemajuan Indonesia dari berbagai sudut. Mulai dari pembangunan jalan, pemerataan harga bahan bakar, listrik untuk daerah 3T (Terdepan Terluar Tertinggal). Salah satunya hal tersebut dapat dirasakan oleh warga yang tinggal di salah satu desa pedalaman Papua. Sebelum adanya listrik, mereka hidup hanya dengan "Pelita" (menggunakan BBM). Sekarang, kehidupan di sana sudah lebih baik dengan adanya listrik. Alhamdulillah....

Bapak Andoko dari Tim Komunikasi Presiden

Kemudian, Pak Ando membacakan kutipan 

"Jangan pernah lelah mencintai Indonesia" by Sukardi Rinakit

Surprise!!!!

Bapak Sukardi Rinakit datang, sontak semua bertepuk tangan. Bapak Sukardi langsung menyambut tangan satu per satu para hadirin. Dengan wajah tersenyum, Beliau bilang "saya ini terbiasa menyalami semua yang ada kalo saya datang". Kemudian beliau bercerita sedikit pengalaman tentang suatu perasaan kecewa. "kecewa itu boleh, tetapi jangan terlalu lama". dan "kalian harus bisa menerima kekecewaan". itu menjadi pelajaran yang sangat berguna bagi saya. :D :D

Foto bersama Bapak Sukardi Rinakit :D

Selain itu dalam menulis atau menerima informasi haruslah cek dan ricek terlebih dahulu agar apa yang didapat tidak hanya berupa persepsi. Perkaya data agar mendapatkan info yang valid. 

:) :)


Bapak Blogger Indonesia, Enda Nasution 

ini baru kedua kalinya saya mengikuti kegiatan Blog lho.. dan saya bisa bertemu dengan Bapak Blogger Indonesia yaitu Bapak Enda Nasution. Senang sekali rasanya bisa bertemu langsung di kegiatan Flash Blogging ini. Pak Enda menceritakan pengalamannya mengenal Blog dan cara ataupun kiat-kiat Blog Post yang bagus, diantaranya Blog Post harus Emosional, spesifik, berguna, personal, dibagikan dan mendapat reaksi untuk orang-orang agar membaca blog post yang kita tulis. 

selain itu beliau juga memberikan tips menulis di blog:
- piramid terbalik 
  conclusion - explanation - details
- menulis 20 alternatif judul
- gunakan bullet point, bold dan italic 
- gunakan link untuk sebagai referensi ke halaman web lainnya

satu lagi pesan beliau yang sangat penting, sebagai generasi digital yang merupakan masa depan bangsa kita harus #bijakbersosmed. menyebarkan hal-hal positif dan optimis, serta menjauhi penyebaran informasi negatif dan tidak bermanfaat. aamiin...

 Enda Nasution (Bapak Blogger Indonesia)


Tidak terasa hari mulai sore, kegiatan ditutup dengan foto bareng :D :D :D, kami pun segera pulang. 




Sukses Asian Games 2018, Majulah Indonesia!

No comments:

Post a Comment

THEME BY RUMAH ES